brubuh.ngawikab.id – Selasa, 10 November 2020 bertempat di Rumah Makan Notosuman Ngawi dilaksanakan Bimbingan Teknis Website Desa untuk para operator website desa se-Kabupaten Ngawi. “Ini adalah tahun ketiga pelaksanaan Bimtek Website Desa, dan kami dari Dinas Diskominfo Kabupaten Ngawi merasa bangga dan terharu atas semakin berkembangnya website desa-desa di Kabupaten Ngawi,” ungkap Agus Dedi Irawan Kepala Bidang III Diskominfo Kabupaten Ngawi.

Teddy Ardianto Hendrawan, S.Sos. Wartawan Utama Dewan Pers dan Redaktur Pelaksana Harian Jatim, narasumber pada bimtek kali ini menyampaikan banyak hal tentang bagaimana membangun citra desa dalam membangun website yang dikelola desa. “Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita adalah akurasi fakta, ejaan yang konsisten, pemakaian tanda baca yang benar, dan tentu saja seorang penulis adalah seorang pembaca, jadi kuncinya menulis itu adalah banyak membaca bapak/ibu sekalian,” tuturnya.

Selain itu, sebagai seorang jurnalis yang bertanggung jawab atas materi tulisan, Teddy menyampaikan bahwa jurnalis harus mematuhi undang-undang pokok pers no. 40 tahun 1999. “Sesuai undang-undang pers, jurnalis mempublikasikan berita dengan syarat mematuhi kode etik; beritanya akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk; profesional; chek dan ricek; dan haram hukumnya menyajikan berita bohong,” ungkap Teddy.

Selama berlangsungnya Bimtek, peserta tampak antusias terlihat dari peran aktif peserta dalam sesi tanya jawab. Seperti yang ditanyakan oleh Suwarno (No thekle) dari Desa Dero Kecamatan Bringin, “Sebagai operator website, narasi yang disampaikan dalam berita harus bisa dipertanggungjawabkan. Terkadang kita sebagai operator takut sekaligus berhati-hati karena informasi yang ada di desa terkadang dipersepsikan berbeda oleh pembaca. Nah kita mohon arahannya agar kami mendapat perlindungan hukum mengingat Diskominfo pernah menyampaikan bahwa tulisan yang kami publikasikan diluar tanggung jawab Diskominfo dan menjadi tanggung jawab operator sepenuhnya.”

Pertanyaan lain dari peserta adalah terkait trik dan tips agar banyak pembaca tertartik dengan tulisan yang diposting di website. “Soal judul dan tulisan yang menarik ini bisa karena terbiasa, sering belajar dan menulis Pak. Kita bisa melihat judul-judul dari Google Trend, tulisan yang muncul biasanya mengandung kata-kata kunci yang menarik,” terang Teddy.

Selain acara Bimtek, Diskominfo Ngawi juga memberikan penghargaan kepada Pemenang Lomba Website Desa 2020. Pada tahun ini, desa-desa yang websitenya update dan aktif mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Ngawi. Desa-desa tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1, Desa Sumberbening Kecamatan Bringin
  2. Juara 2, Desa Dero Kecamatan Bringin
  3. Juara 3, Desa Sambiroto Kecamatan Padas
  4. Kategori Inovatif, Desa Kedungprahu Kecamatan Padas
  5. Kategori Informatif, Desa Watualang Kecamatan Ngawi
  6. Kategori Inspiratif, Desa Brangol Kecamatan Karangjati

Share and Enjoy !

Shares